Mulai Jualan Online, 5 Skill Ini Yang Perlu Dikuasai Oleh Pebisnis Online

1. Komunikasi Online

Berkomunikasi secara offline dan online tentu berbeda. Komunikasi offline membutuhkan kemampuan verbal, sementara komunikasi secara online sudah tentu Anda bisa memaksimalkan penggunaan bahasa tulisan melalui berbagai media. Media yang bisa dimanfaatkan untuk mengkomunikasikan bisnis Anda, bisa menggunakan media sosial maupun website

Pilihlah media sosial yang paling sesuai dengan bisnis Anda, baik untuk memasarkan produk maupun layanan yang Anda sediakan. Lalu pelajari pula bagaimana cara Anda menindaklanjuti pertanyaan dari konsumen. Hal pasti, Anda perlu menggunakan kalimat yang tepat, singkat, dan mudah dipahami dalam berkomunikasi dengan konsumen secara online.

2. Desain dan Fotografi Dasar

Skill berikutnya yang perlu Anda miliki adalah desain dan fotografi dasar. Untuk itu, pelajari beberapa program dasar di bidang fotografi dan desain. Kemampuan desain akan sangat dibutuhkan ketika merintis bisnis online, sebab Anda harus membuat tampilan toko online yang benar-benar menarik dan mudah dikenali.

Selain itu, fotografi akan berguna untuk membuat foto produk yang unik dan menarik. Foto produk memiliki peran besar di dunia bisnis online, sebab penjualan yang dilakukan secara online hanya berdasarkan foto saja, bukan barang secara fisik. Anda harus paham angle pengambilan foto, pencahayaan yang tepat, dan berbagai hal lainnya yang akan menunjang hasil foto terbaik dan punya nilai jual tinggi di toko online Anda.

3. SEO

Anda juga sudah harus paham tentang kaidah Search Engine Optimization (SEO)dan cara menerapkannya pada toko online yang sedang Anda jalankan. Alasannya, SEO berkaitan erat dengan keberhasilan pemasaran produk. Saat ini, semua produk yang dijual secara online online bisa didongkrak popularitasnya lewat artikel yang punya nilai lebih, di mana mesin pencarian seperti Google bisa menampilkannya pada halaman pertama mesin pencari. Syaratnya, Anda bisa menerapkan strategi SEO yang tepat. Jangan lupa selalu ikuti update informasi tentang algoritma terbaru, yang diterapkan oleh Google.

4. Marketing Online

Konsep marketing secara online sangat berbeda dengan offline. Anda bisa hemat biaya dengan belajar e-commerce dan mempraktekkannya pada bisnis online. Yang perlu dipahami pada skill ini adalah bagaimana menarik konsumen untuk melakukan transaksi berdasarkan promosi online yang Anda lakukan. enali media dan tipe promosi yang Anda akan kerjakan. Misalnya, FB Ads, Google Ads, hingga PPC Advertising pada Marketplace.

5. Analisis dan Riset

Setiap kegiatan bisnis perlu analisis yang tepat agar target bisa tercapai. Makanya dibutuhkan kemampuan menganalisis dan melakukan riset terhadap berbagai kondisi bisnis online. Kemampuan melakukan analisis dan riset  juga akan sangat membantu Anda mengenali kebutuhan dan keinginan dari calon pelanggan yang menjadi target pasar Anda. 

X