cara jual amazon

Bagaimana Cara Berjualan Di Amazon Untuk Pemula ? Tips dan Trik

Amazon adalah marketplace yang populer untuk jual beli barang online dan terbesar di dunia saat ini. Seiring semakin besarnya permintaan di Amazon, maka untuk mengatasinya, Amazon meluncurkan layanan FBA-nya. Layanan ini memungkinkan penjual untuk memanfaatkan jaringan distribusi dan basis pelanggan dari platform yang kuat di Amazon dalam mewujudkan impian para penjual mengembangkan bisnisnya. Ini adalah pilihan platform yang paling populer untuk memulai berjualan online di Amazon. Jadi cara jualan online di Amazon bisa memanfaatkan program FBA.

Amazon FBA adalah singkatan dari “Fulfillment by Amazon” yang berarti Amazon akan menyimpan produk Anda di inventaris Amazon, memenuhi pesanan Anda, dan menawarkan kepada customer. Jika Anda ingin menggunakan layanan Amazon FBA, Anda harus membuat akun penjual Amazon dan menambahkan FBA ke akun Anda. Penting bagi Anda untuk mengatur bisnis Anda sesuai dengan pedoman di situs web Amazon.

Bagaimana cara berjualan di Amazon melalui FBA? Artikel ini menguraikan beberapa langkah penting untuk menjadi penjual Amazon FBA yang sukses. Jika Anda ingin tahu cara jualan di Amazon, Anda berada di tempat yang tepat untuk mengetahui lebih lanjut tentang bisnis Amazon FBA. Mari kita mulai.

1. Buat Rencana Bisnis

Untuk memulai bisnis Amazon FBA, Anda harus memiliki rencana untuk memastikan semuanya berada di jalur yang benar. Rencana bisnis harus mencakup misi bisnis Anda, analisis pasar, produk dan layanan, pemasaran dan penjualan, rencana keuangan, dll.

Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui. Anda harus meneliti pasar, memeriksa tren, mengenal pesaing Anda, dan mencari tahu jenis produk apa yang ingin Anda jual, berapa banyak yang ingin Anda belanjakan untuk pengadaan produk, pemasaran, dan promosi. Cobalah untuk membuat rencana kasar untuk jadwal bisnis Anda, dan aktivitas bisnis yang relevan.

2. Temukan Niche Anda

Untuk menjual di Amazon FBA, Anda perlu menemukan ceruk yang menguntungkan, karena itu penting bagi kesuksesan berbisnis di Amazon. Untuk memiliki bisnis yang menguntungkan, Anda perlu melakukan riset pasar dan menemukan produk trend dan kompetitif yang selaras dengan hasrat dan minat konsumen.

Kenali tren produk, dan pelajari dampak emosionalnya, nilai praktisnya, visibilitasnya. Coba cari nilai jualnya atau buat nilai jual baru yang trend agar viral di pasaran. Kami sangat menyarankan Anda tidak melibatkan produk musiman.

3. Mulai Riset Pasar

Setelah Anda menentukan niche Anda, Anda harus memverifikasinya di pasar dengan riset pasar. Melacak penjualan pesaing selama periode waktu tertentu. Melacak pesaing Anda akan memberi Anda pandangan yang lebih realistis tentang pasar, ceruk, atau segmen.

Ide lainnya adalah berkomunikasi dengan beberapa pemasok atau pelanggan untuk mengetahui sentimen mereka terhadap produk, Anda bisa menggunakan survei.

Jika Anda memastikan bahwa angka penjualan konsisten di pasar, Anda dapat melanjutkan rencana Anda ke langkah berikutnya. Di pasar yang stabil, Anda dapat bergerak maju berdasarkan rencana Anda.

4. Identifikasi Pemasok Produk

Setelah Anda menentukan niche Anda, Anda harus menemukan pemasok produk Anda. Ada beberapa cara untuk menemukan info pemasok. Anda dapat menemukan pemasok di Alibaba dan platform B2C lainnya seperti AliExpress. Anda mungkin akan menemukan beberapa pemasok potensial. Dapatkan info kontak mereka dan info lainnya jika memungkinkan.

Anda juga bisa mencari di Google atau mendapatkan kontak dengan pemasok di pameran dagang. Pameran dagang adalah cara yang bagus bagi Anda untuk berkomunikasi singkat dengan pemasok dan mengenal produk mereka. Anda juga dapat mengunjungi pemasok untuk menemukan pemasok berdasarkan distribusi industri.

Anda harus menghubungi pemasok ini untuk menemukan yang terbaik untuk Anda. Cobalah untuk menghindari scammers dan mengidentifikasi yang terbaik.

Kenali sampel produk, harga, dan minimum order quantity (MOQ), batas pesanan, kualitas produk, biaya pengiriman, dan kapasitasnya, dll.

Cobalah untuk mencari tahu opsi pembayaran dan syarat pembayaran untuk penawaran Anda. Temukan yang terbaik untuk Anda, mempersempit pilihan Anda berdasarkan kebutuhan Anda.

Ingatlah untuk memesan sampel sehingga Anda dapat melihat kualitas produk. Periksa produk sendiri atau gunakan jasa pengecekan profesional sebelum Anda memilih pemasok Anda.

5. Place Orders

Setelah Anda memilih pemasok Anda, Anda perlu melakukan pemesanan. Untuk pertama, biasanya jangan memesan terlalu banyak dulu. Anda dapat memesan dengan kuantitas yang kecil, lalu menggunakannya untuk menguji pasar dan mendapatkan umpan balik yang relevan dari pelanggan. Pengujian seperti ini adalah cara yang bagus untuk mengetahui pasar dari produk Anda.

Ingatlah untuk tetap berhubungan baik secara teratur dengan pemasok Anda untuk menghindari kesalahpahaman dan mendapatkan pembaruan dari produk.

6. Daftarkan Akun Penjual Amazon

Jika Anda tidak memiliki akun penjual Amazon, Anda harus mendaftar sebagai akun penjual Amazon terlebih dahulu. Ada dua jenis akun yang tersedia – Individual atau Professional. Yang pertama berharga $0 per bulan tetapi Anda akan dikenakan biaya sekitar $0.99 untuk setiap barang yang Anda jual di Amazon. Penjual Professional mendapat lebih banyak fitur, tetapi dikenakan biaya $39.99 per bulan. Anda dapat memilih jenis akun berdasarkan anggaran bisnis Anda.

7. Buat Product Listing

Anda harus membuat daftar produk untuk menambahkan item di platform akun seller Amazon. Anda harus menyertakan gambar yang jelas dan beresolusi tinggi. Pastikan produk Anda “Memenuhi syarat utama” dari Amazon. Jika Anda tidak memiliki banyak item, Anda dapat mencantumkannya secara manual. Jika Anda memiliki banyak item, Anda dapat mengunggah spreadsheet yang berisi setiap item Anda. Cobalah untuk memberikan info yang cukup tentang produk Anda dan buat daftar produk Anda menarik.

8. Kelola Inventaris Anda

Penjual Amazon FBA harus memberikan perhatian khusus pada inventaris mereka. Tingkat persediaan sangat penting. Cobalah untuk mengelola dan mengisi kembali inventaris Anda dengan benar. Sangat penting bagi Anda untuk memastikan Anda memiliki cukup untuk menjual dan menjaga tingkat persediaan produk Anda tersedia untuk pasar dan penjualan Anda.

Tingkat inventaris Anda akan berkurang secara otomatis di Amazon saat pesanan dilakukan. Pastikan tingkat inventaris Anda akan diperbarui secara berkala untuk menunjukkan ketersediaan barang di halaman listing produk Anda. Anda dapat menggunakan sistem yang canggih untuk mengintegrasikan data penjualan dan inventaris Anda.

Jika Anda melihat bahwa barang tersebut akan kehabisan stok, segera pesan dari pemasok untuk mengisi kembali tingkat persediaan di Inventory.

9. Tindak Lanjuti Review Pelanggan

Seperti yang kita ketahui, pelanggan cenderung merujuk pada umpan balik yang ditinggalkan oleh pembeli lain yang telah membeli barang sebelumnya. Ulasan pelanggan Amazon penting untuk bisnis Anda. Ini adalah kredibilitas yang Anda bangun di antara target pelanggan Anda.

Testimoni ini adalah bukti sosial untuk bisnis dan produk Anda. Akibatnya, Anda perlu menindaklanjuti pengalaman berbelanja pembeli agar mereka meninggalkan umpan balik mereka. Ada banyak cara bagi Anda untuk melakukan ini. Anda dapat meminta ulasan produk dari pembeli dengan mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan oleh Amazon.

Anda dapat membangun akun media sosial Anda dan mencoba mendapatkan umpan balik pelanggan di platform media sosial. Cobalah untuk mendapatkan lebih banyak umpan balik positif untuk meningkatkan penjualan dan konversi Anda.

10. Optimalkan Product Listing

Coba pantau kinerja penjualan Anda dan kenali bisnis Anda di pasar. Optimalkan produk listing Anda untuk meningkatkan lalu lintas situs web dan meningkatkan penjualan.

Pengoptimalan harus menjadi proses berkelanjutan bagi penjual Amazon.

Mulailah dengan kata kunci. Teliti dan temukan kata kunci yang relevan dan masukkan ke dalam judul produk, fitur, deskripsi, dll. Cobalah untuk memanfaatkan algoritma Amazon dan membuatnya berfungsi untuk bisnis Anda.

Relevansi kata kunci produk Anda penting bagi visibilitas dan penjualan produk Anda. Anda dapat menggunakan Google Keyword Planner untuk membantu Anda mengidentifikasi kata kunci produk Anda.

Gambar juga penting. Anda diperbolehkan menggunakan 5-7 gambar produk dari sudut pandang dan konteks yang berbeda dan untuk menampilkan ukuran, fitur, dan desain produk Anda. Cobalah untuk membuatnya jelas dan menarik bagi pelanggan.

Dalam hal fitur produk, selalu tampilkan info terpenting yang ingin diketahui pelanggan. Tempatkan diri Anda pada posisi pembeli, tunjukkan nilai produk Anda, dan sertakan garansi dan jaminan penawaran Anda.

Untuk bagian deskripsi, coba gunakan bahasa yang menarik untuk menceritakan kisah Anda. Jaga agar kalimat tetap pendek dan sederhana, dan pastikan itu dapat dengan mudah dipahami. Jika memungkinkan, gunakan kata atau frasa Ajakan Bertindak untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan konversi.

Rangkuman

Untuk memulai cara berjualan di Amazon bagi pemula, bisa memanfaatkan program FBA. Bahkan sudah banyak Seller Amazon Indonesia yang sukses berjualan online di Amazon. Memulai bisnis Anda sendiri adalah pekerjaan yang sulit. Namun, tips di atas semoga membantu Anda mengetahui keseluruhan proses bisnis. Jika Anda masih merasa bingung, Anda dapat mengikuti event seminar yang diselenggarakan oleh SellerUP Academy, silahkan cek di bagian event website sellerupacademy.com, karena kami akan berbagi rahasia sukses cara menjadi seller di Amazon, cara jual barang di Amazon, cara membuat Akun Seller Amazon, cara mengirim barang ke gudang amazon, dan masih banyak lainnya. Salam Sukses Amazon !!

X